9/16/2009

Musholla di Mall?

Saya sama sekali tidak bermaksud untuk menampilkan diri sebagai anak mol, atau AGJ (Anak Gaul Jakarta) apa lah. Warta kali ini bersifat informatif dan benar-benar asli hasil pengalaman saya bertahun-tahun ke belakang. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang membutuhkan :D

1. Plaza Senayan
Satu-satunya terletak di belakang jam besar, tempat shalat dan wudhu bagus, dua WC, kapasitas sekitar 35 orang, ada tempat penitipan sepatu dan barang (yang dijaga petugas), rapih, mukenanya cukup terjaga, petugas di depan informatif mengenai waktu shalat, mukena, dll.

2. Senayan City
Satu-satunya terletak di lantai bawah tempat kebanyakan restoran berada (bukan foodcourt), kapasitas sekitar 35 orang, mukenanya bersih dan terjaga (mungkin karena disponsor oleh perusahaan laundry kali ya?), tempat shalat dan wudhu bagus, dua WC, ada tempat penitipan sepatu di depan yang dijaga oleh petugas (sepatu laki-laki dan wanita satu tempat penitipan)

3. Pacific Place
Satu-satunya terletak di lantai tiga (kalau tidak salah di sebelah toko optik), petugas di depan sangat ramah dan informatif, disediakan beberapa botol air minum di rak depan, disediakan kotak P3K, sepatu-sepatu bisa ditaruh sendiri di rak-rak depan, WC terpisah dengan musholla, kapasitas sekitar dua puluh orang, tempatnya agak mungil tapi rapi

4. Pondok Indah Mall (PIM)
Ada..tiga tempat kali yah?
Musholla pertama terletak di PIM 2 pada lantai bioskop dan restoran-restoran, tempat mungil, mukena kurang terpelihara, kapasitas sekitar enam orang, tempat wudhu cuma dua.
Musholla kedua lupa letaknya di PIM 2 sebelah mana, mungkin lantai dua atau satu (sebelah toko sepatu), tempatnya paling lumayan seantero PIM, kapasitas sekitar 20 orang, ada tempat sepatu dan tas, cenderung ramai oleh karena itu harus hati-hati dengan bawaan, mukena kurang terpelihara, tidak ada petugas.
Musholla ketiga terletak di PIM 1 (lupa juga lantai berapa), sempit, lembab.
Tidak terdapat WC di dalam semua musholla.

5. Mal Kelapa Gading (MKG)
Musholla terletak di tiap lantai, sepanjang MKG satu sampai tiga tersedia, tempat mungil, lembab, sepatu dititipkan sendiri, tempat wanita dan pria disatukan dengan batas sebuah hijab, kurang nyaman, tidak ada WC, rata-rata setiap tempat berkapasitas dua puluh bagi masing-masing pria dan wanita.

6. Mal Artha Gading (MAG)
Keadaan kurang lebih sama dengan MKG namun hanya satu tempat dan lebih luas, lembab, tidak ada WC.

7. Plaza Semanggi
Satu-satunya di lantai teratas, mukena kurang terpelihara, ada satu WC di dalam musholla, ada petugas penitipan barang dan sepatu, kapasitas sekitar dua puluh orang.

8. Grand Indonesia
Terletak di lantai agak bawah (tanya satpam saja karena tempat ini sangat luas), saya pernah tanya sekitar awal tahun ini tentang jumlah musholla yang disediakan dan kata petugas musholla baru terletak di Mal Barat (dengan konsep mal semegah dan semewah itu), tempatnya sangat luas, kapasitas sekitar lima puluh orang, tempat WC dan wudhu bagus dengan interior minimalis, sayangnya tempat sholat "hanya" berkesan sebagai ruang kosong tidak terpakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar